Minggu, 03 Juni 2012

Sejarah Psikologi Klinis

Dapat digolongkan menjadi tiga rentang waktu, yaitu:
·         Masa Yunani Kuno: Hippocrates menyatakan bahwa terdapat empat cairan dalam tubuh manusia yang apabila salah satunya berlebihan akan berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Keempat cairan tersebut adalah cairan sanguine, cairan chole, cairan plegma dan cairan melanchole.

·         Abad pertengahan: berbagai gangguan kesehatan mental pada masa ini dianggap berkaitan dengan kekuatan gaib atau dosa orang yang mengalami gangguan tersebut, sehingga penanganannya dilakukan dengan cara tradisional yang tidak ilmiah. Biasanya dilakukan dengan upacara tradisional budaya masyarakat yang bersangkutan.

·         Abad ke-18: Lightner Witmer, asisten Wilhelm Wundt menerima tawaran seorang guru yang memintanya menangani murid yang mengalami disleksia. Ia kemudian melakukan asesmen terhadap anak tersebut sampai menyusun pengobatan yang tepat baginya. Hal tersebut menghantarkan Witmer menjadi psikolog klinis pertama yang kemudian dibarengi dengan klinik psikologi pertama di dunia yang dia dirikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar