Minggu, 03 Juni 2012

Penerapan Psikologi Klinis dalam Berbagai Bidang


Psikologi Pendidikan
o  Psikologi Pendidikan adalah wilayah terapan psikologi yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah.
o  Pada setting psikologi pendidikan, psikologi klinis dapat membantu dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum di sekolah anak-anak berkubutuhan khusus maupun sekolah inklusi.

Psikologi Industri dan Organisasi
o  Psikologi Industri dan Organisasi adalah pembelajaran ilmiah dan praktek professional yang menerapkan konsep dan prinsip dalam dunia kerja.
o  Pada setting industri dan organisasi, psikologi klinis dapat membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan stress kerja (work stress)


Psikologi Sosial
     Psikologi sosial merupakan disiplin yang menggunakan metode ilmiah untuk memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan, dan perilaku individu dipengaruhi oleh aktual, dibayangkan atau tersirat kehadiran manusia lain (Allport,1985) 
q  Organisasi kesehatan dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan mental sebagai suatu kondisi kesehatan dimana individu menyadari kemampuanya, dapat menyesuaikan diri dengan tekanan hidup yang wajar, dapat bekerja secara produktif dan berhasil, dan mampu untuk memberikan suatu kontribusi positif bagi masyarakat.
q  Dalam kaitan ini, berarti kesehatan mental lebih dari sekedar tidak adanya gangguan mental atau penyakit mental.
q  Ada berbagai dampak sosial, kultural, fisik dan pendidikan yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.
q  Dalam kondisi seperti ini Psikologi Klinisa mempunyai peran untuk membantu menyelesiakan persoalan-persoalan yang berkaitan daengan disfungsi atau penyakit mental yang terjadi pada suatu masyarakat melalui pendekatan psikologi komunitas.

Psikologi Perkembangan
o  Psikologi Perkembangan merupakan studi ilmiah mengenai perubahan psikologis sistematis yang terjadi selama rentang waktu kehidupan.
o  Pada setting perkembangan, psikologi klinis dapat membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan penanganan kasus-kasus abnormalitas pada tiap rentang usia, mulai dari masa bayi hingga lansia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar