Minggu, 03 Juni 2012

Berbagai Kajian Psikologi Klinis



Health Psychology
      Definisi psikologi kesehatan adalah semua aspek psikologi yang berhubungan dengan pengalaman sehat dan sakit serta perilaku yang mempengaruhi status kesehatan. Secara sederhana yaitu studi tentang apa yang dilakukan orang untuk menjadi dan untuk tetap sehat, dalam kondisi seperti apa mereka menjadi sakit dan apa yang mereka lakukan begitu mereka sakit. Psikologi kesehatan sebagai pengetahuan social-psychological dapat digunakan untuk mengubah pola health behavior dan mengurangi pengaruh dari psychosocial stress.
Secara lebih operasional, psikologi kesehatan dapat dimanfaatkan untuk :
    Mengevaluasi tingkah laku dalam etiologi penyakit 
    Memprediksi tingkah laku tidak sehat
    Memahami peran psikologi dalam experience of illness 
    Mengevaluasi peran psikologi dalam treatmen
    Selain itu, teori-teori psikologi juga dapat dimanfaatkan dalam mempromosikan tingkah laku sehat dan mencegah sakit/munculnya penyakit dalam skala individu maupun yang lebih luas (kelompok, komunitas maupun masyarakat)


Neuropsychology
  Neuropsikologi klinis adalah bagian dari psikologi terapan yang berhubungan dengan bagaimana perilaku dipengaruhi oleh cedera dan disfungsi otak (mempelajari hubungan otak dan perilaku). Dengan perawatan primer dan fokusnya pada model biopsikososial, seorang neuropsikologi klinis merupakan contoh pendekatan yang holistik dan terintegrasi terhadap asesmen. (Bigler dan Dodrill,1997)




Penyebab kerusakan otak :
   Trauma atau luka kepala
   Kecelakaan Cerebrovaskuler
   Tumor
 Penyakit Degeneratif, misalnya parkinson, alzheimer, dan demensia
  Kekurangan nutrisi otak, gangguan keracunan, maupun penyalahgunaan alkohol dan zat adiktif.



Community Psychology

 Secara umum, Psikologi komunitas didefinisikan sebagai suatu pendekatan kepada kesehatan mental yang menekankan pada peran lingkungan dalam menciptakan masalah atau mengurangi masalah. Dua hal yang melekat dlm konsep psikologi komunitas, yaitu pencegahan dan pemberdayaan.

  Psikologi komunitas lebih berorientasi kepada tindakan preventif (pencegahan). Artinya  psikologi komunitas berusaha untuk mencegah permasalahan terjadi ke depan, dibandingkan menunggu permasalahan tersebut muncul dan menjadi lebih serius.

 intervensi dan perubahan dlm pndekatan psikologi komunitas:
1. konsultasi
2. Community Lodge
3. intervensi krisis
4. intervensi pada usia dini
5. pengembangan berbagai program pelatihan

Psychofarmacology

  Psikofarmakologi mengacu pada studi tentang obat- obatan yang mengendalikan aktivitas- aktivitas yang dikontrol oleh sistem saraf. Penekanan pada beberapa macam obat Psychotropica. Konsep fundamental psikofarmakologi adalah pengikatan obat- obatan ke reseptor



Forensic Psychology



Sundberg et,al (2007) memberikan defenisi psikologi ferensik sebagai kajian ilmiah psikologi termasuk isu – isu klinis yang diaplikasikan pada beberapa bagian sistem hukum atau sistem peradilan. Kemudian, dalam Committee on ethical guidelines for forensic psychologists (1991), psikologi adalah semua pekerjaan psikologi yang secara langsung membantu pengadilan, pihak-pihak yang terlibat proses hukum, fasilitas-fasilitas kesehatan mental koreksional dan forensik, dan badan badan adminitratif, judikatif dan legislatif yang bertindak dalam sebuah kapasitas judisial. Layanana psikologi forensik pada Psikologi hukum adalah semua bentuk pelayanan psikologi yang dilakukan di dalam hukum.

Peranan psikologi forensik adalah sebagai:
  1. Ahli judisial yang menelaah variabel variabel yang berperan dalam tindak kejahatan 
  2. Evaluasi mental korban kecelakaan kerja 
  3. Edukasi kepada penuntut dan pembela hukum tentang aspek aspek psikologis penganiayaan seksual pada anak 
  4. Dll
Fungsi utama dalam setting hukum adalah membantu para administrator, hakim, anggota juri dan pengacara dalam mengambil keputusan hukum yang lebih didasari informasi yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar